Permudah Transaksi Uang Elektronik, DOKU Luncurkan Layanan PayByQR dari DIMO
Nov 30

Permudah Transaksi Uang Elektronik, DOKU Luncurkan Layanan PayByQR dari DIMO

Jakarta, 12 Oktober 2016. DOKU, penyedia solusi pembayaran elektronik lokal pertama di Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung program pemerintah, dan Bank Indonesia dalam wujud nyata penyelenggaraan kegiatan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan kemudahan kepada pengguna uang elektronik DOKU dalam melakukan transaksi di merchant offline menggunakan layanan PayByQR dari DIMO.

“Solusi pembayaran melalui pemindaian kode QR  ini merupakan alternatif pembayaran baru yang efisien, efektif dan aman untuk masyarakat Indonesia.  Sistem ini terintegrasi dengan uang elektronik DOKU sehingga dapat langsung digunakan sebagai sumber dana atau berfungsi sebagai dompet digital (e-wallet) dalam bertransaksi,” ujar Himelda Renuat, CMO PT. Nusa Satu Inti Artha (DOKU).

Dengan adanya sistem pembayaran ini, uang elektronik DOKU kini dapat digunakan di ribuan merchant offline bertanda khusus logo PayByQR. Sehingga pengguna uang elektronik DOKU punya lebih banyak pilihan untuk melakukan transaksi di merchant offline,  setelah sebelumnya dapat digunakan untuk berbelanja di gerai Alfa Group seluruh Indonesia dengan menggunakan metode online token.

Mengacu pada laporan Ericsson Mobility Report, dimana penetrasi smartphone diperkirakan akan meningkat menjadi 98 persen hingga tahun 2021,  DOKU optimis bahwa sistem pembayaran dengan pemindaian kode QR akan terus berkembang. Apalagi sistem pembayaran ini juga menawarkan dua keunggulan, yakni faktor otentifikasi dan respon cepat. Dua hal yang disajikan PT Dimo Pay Indonesia, selaku mitra DOKU, untuk  sistem pembayaran PayByQR dari DIMO.  

"PayByQR dari DIMO adalah teknologi yang memungkinkan penggunaan perangkat mobile untuk dapat melakukan transaksi pembayaran digital dengan cara yang sederhana cepat dan aman, ujar CEO PT Dimo Pay Indonesia (PayByQR), Brata Rafly. “Produk PayByQR dari DIMO ini dapat dihubungkan ke semua sumber dana apapun guna mendukung mobile users akses untuk dapat melakukan transaksi non-tunai, kapanpun dan dimanapun. Inilah keunggulan konsep agnostik yang diciptakan oleh DIMO. Fleksibilitas pengadopsian teknologi ini memungkinkan semua pihak dapat dengan mudah mengadopsi transaksi non tunai untuk kebutuhan hidup sehari-hari.” 

Berdasarkan data OJK (Otoritas Jasa Keuangan), persentase investasi pada perusahaan fintech di  kawasan Asia-Pasifik di kuartal pertama 2016, meningkat lebih dari 5 kali dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yaitu dari USD 445 juta menjadi USD 2,7 miliar. Di negara berkembang seperti Indonesia, dengan tingkat penetrasi keuangan 35,8 persen (World Bank, 2014), fintech dapat mengambil peran guna mempercepat perluasan jangkauan layanan keuangan.

“Kerja sama dengan Doku adalah wujud dari salah satu misi DIMO dalam menciptakan ekosistem pembayaran non tunai yang terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat dan juga bentuk dukungan kami ke pemerintah dalam mewujudkan cashless society di Indonesia,” tambah Brata.

”Lewat sistem pembayaran PayByQR dari Dimo, kami ingin memanfaatkan momentum peningkatan fintech untuk mengajak lebih banyak orang menggunakan uang elektronik. Kami optimis bahwa dengan masih terbuka luasnya potensi industri uang elektronik di Indonesia, dimana sarana dan tempat dalam menggunakan uang elektronik semakin luas dan terus bertambah. Kami yakin layanan PayByQR  akan dapat menggairahkan masyarakat untuk menggunakan uang elektronik,” terang Himelda.

Untuk itu, DOKU berkomitmen untuk terus mempercantik “wajah” uang elektronik dengan memberikan rasa aman dan menyajikan beragam kemudahan.

“Transaksi menggunakan PayByQR yang ada di aplikasi DOKU sangat mudah untuk dilakukan. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi DOKU, meng-klik ikon Scan QR lalu mengarahkan kamera smartphone untuk memindai QR code yang ada di struk yang diberikan oleh kasir. Setelah itu muncul layar konfirmasi pembayaran lalu klik bayar dan tinggal masukkan pin. Praktis dan tidak ribet,” jelas Himelda. 

Saat ini, layanan PayByQR yang ada di aplikasi DOKU sudah bisa digunakan di merchant-merchant bertanda khusus logo PayByQR yang telah terdaftar.

Sebagai informasi, DOKU yang lebih dulu menyasar segmen korporasi dengan bisnis model B2B,  sebelum akhirnya masuk ke segmen consumer (pasca mendapatkan lisensi e-money tahun 2012 dan ijin Transfer Dana tahun 2015) telah memiliki lebih dari 1 juta pengguna,  dengan  jumlah merchant lebih dari 22.000 dan 15 mitra perbankan. Akhir tahun 2015, DOKU mengelola total transaksi online sebesar Rp8.5 Triliun, dan tetap menargetkan pertumbuhan sebesar 30-40 persen tiap tahunnya.

 

Tentang DOKU

DOKU adalah payment enabler, penyedia solusi pembayaran elektronik nasional pertama yang menawarkan solusi pembayaran untuk melayani kebutuhan pembayaran merchant online. Berdiri dan terdaftar dengan nama PT. Nusa Satu Inti Artha, DOKU merupakah perusahaan lokal pertama di Indonesia yang menerima sertifikasi PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) Level 1 versi 3.1. Melayani lebih dari 22.000 merchant dengan berbagai skala usaha dari segala industri, DOKU terhubung langsung ke lima belas bank besar di Indonesia.

DOKU menyediakan pilihan pembayaran elektronik yang paling beragam baik bagi merchant, konsumen e-Commerce di seluruh Indonesia maupun mancanegara. DOKU merupakan salah satu penerbit Uang Elektronik Indonesia yang diawasi dan telah mendapatkan ijin Bank Indonesia No. 14/898/DASP  tanggal 20 Desember 2012. Info lebih lanjut, kunjungi doku.com, temukan kami di facebook dan twitter (DOKU ID), atau e-mail ke press@doku.com.

 

Tentang PT Dimo Pay Indonesia (DIMO)

DIMO adalah perusahaan teknologi finansial yang mendukung kerjasama multi-mitra yang memberikan kebebasan di mana pun untuk konsumen, bagi terwujudnya ekosistem pembayaran berbasis digital yang solid di Indonesia. DIMO merupakan anak perusahaan Sinar Mas Digital Venture (SMDV), sebuah perusahaan teknologi yang berfokus pada perusahaan modal ventura.

Resmi berdiri di Indonesia pada Desember 2014, DIMO membangun jaringan penerimaan pembayaran mobile, yang memungkinkan pengguna mobile banking dan aplikasi mobile wallet untuk membayar dengan smartphone. Dengan produk andalannya, Pay By QR™, DIMO memampukan konsumen Indonesia melakukan transaksi finansial harian dengan cara yang aman dan sederhana, di mana pun dan kapan pun. 

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

Anistasya Kristina
Public Relations Manager, DOKU
kristin@doku.com

Ayu Putri Juwita
CNR Specialist Numedia Komunika
ayu@numediagroup.id

Thoriq Husein
Public Relations Manager, PT Dimo Pay Indonesia
thoriq.husein@dimo.co.id